No one has ever become poor by giving, Please Donate

Wednesday 1 April 2020

Tagged under: ,

Mudah! Inilah Cara Membuat Cairan Disinfektan Sendiri



Sejumlah upaya terus dilakukan dari pemerintah maupun masyarakat di Indonesia agar terhindar dari Virus Corona. Mengharapkan agar korban yang terinfeksi tidak semakin melonjak. Data pada tanggal 25 Maret menyatakan bahwa sebanyak 790 warga di Indonesia positif virus ini dan sudah terdapat 58 orang meninggal dunia.

Mulai dari pemerintah yang mengeluarkan pernyataan untuk masyarakat di Indonesia untuk melakukan physical distancing, hingga pemerintah melalui Kementrian Kesehatan yang telah melakukan tiga langkah pencegahan virus ini masuk ke Indonesia, diantaranya:

1.Menerbitkan surat kepada seluruh Dinas Kesehatan Provinsi, Kab/Kota, RS Rujukan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan penyebaran virus ini.
2.Menempatkan 135 thermal scanner di seluruh bandar udara di Indonesia terutama yang mempunyai penerbangan langsung ke Tiongkok.
3.Memberikan health alert card dan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) pada penumpang.

Upaya di atas merupakan salah satu upaya pemerintah agar terus melakukan kontrol di Indonesia. Sebagai masyarakat di Indonesia kita juga bisa menerapkan upaya agar terhindar dari virus ini, meskipun langkah kecil tetapi mempunyai dampak yang besar untuk Indonesia.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan selain physical distancing adalah dengan menyemprot cairan disinfektan ke rumah, jalanan, dan lingkungan sekitarnya. Mungkin saat ini sudah jarang kita bisa bebas membeli disinfektan, dikarenakannya meningkatnya permintaan seiring dengan tingginya penyebaran virus ini. Tapi kita tidak perlu panik akan hal itu, karena kita bisa membuat cairan disinfektan sendiri.

Berikut merupakan jenis cairan yang dapat kita pilih salah satunya beserta langkah-langkah cara membuat cairan disinfektan tersebut:
1.Bayclin Lemon, cairkan dengan 20 ml per 1 L air.
2.Bayclin Reguler, cairkan dengan 20 ml per 1 L air.
3.Dettol Antiseptic Liquid, cairkan dengan 25 ml per 1 L air.
4.Dettol Pembersih Lantai Citrus, cairkan dengan 45 ml per 1 L air.
5.Mr. Muscle Axi Triguna Pembersih Lantai, cairkan dengan 1 bagian dalam 1 bagian air.
6.Proclin Pemutih, cairkan dengan 20 ml per 1 L air.
7.Soklin Pemutih, cairkan dengan 20 ml per 1 L air.
8.SOS Pembersih Lantai Antibacterial, cairkan dengan 50 ml per 1 L air.
9.Wipol Pembersih Lantai Cemara, cairkan dengan 1 bagian dalam 9 bagian air.
10.Wipol Pembersih Lantai Sereh dan Jeruk, cairkan dengan 50 ml per 1 L air .

Setelah selesai membuat cairan disinfektan sendiri, maka cairan tersebut siap untuk disemprotkan ke tempat-tempat yang rawan terkena virus dan penyakit. Semprotkan secukupnya secara merata untuk hasil yang maksimal.

Perlu diingat cairan disinfektan ini hanya bisa digunakan di benda mati saja. Artinya, seperti yang dilansir oleh WHO Indonesia, "Menyemprot alkohol atau klorin pada tubuh seseorang tidak akan membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh. Menyemprot bahan kimia dapat membahayakan jika terkena pakaian atau selaput lendir (mata/mulut)." Menggunakan bahan seperti ini harus digunakan sesuai dengan petunjuk penggunaannya.

Dengan hal tersebut, KPC berharap adanya cara membuat cairan disinfektan sendiri dapat memberi pengetahuan baru kepada masyarakat Cikarang dan sekitarnya untuk turut melakukan pensterilan dimulai dari lingkungan sendiri guna mencegah penyebaran Virus Corona ini.

[Penulis: Tasya,Aliyah,Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 - President University | 1 April 2020]

0 comments:

Post a Comment