No one has ever become poor by giving, Please Donate

Monday 6 April 2020

Tagged under: ,

Lansia rentan terserang virus Corona, berikut cara pencegahannya!



Hampir satu bulan masyarakat di Indonesia menghadapi virus corona. Kasus pertama pasien terjangkit dilaporkan pada 2 Maret 2020, hingga Selasa, 31 Maret 2020 tercatat sudah 1.528 pasien positif virus corona. Pasien yang dinyatakan sembuh terdapat 81 pasien dan yang meninggal dunia tercatat 136 pasien.

Selain physical distancing yang juga diterapkan di Indonesia, pemerintah juga memutuskan untuk menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) guna mengatasi penyebaran virus corona. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini sangat rentan jika terkena pada orang lanjut usia, dikarenakan penderita akan mengalami sesak napas hingga pneumonia akut.

Virus ini mendatangkan risiko yang lebih tinggi kepada mereka yang berusia lanjut. Rekam jejak kasus virus ini di dunia pun yang banyak terjangkit dan yang mengakibatkan kondisi yang parah adalah para lansia. Seperti yang dilansir dari Worldometers, orang berusia lebih dari 60 tahun secara berjenjang memiliki tingkat kematian hingga 14,8 persen dari total kasus di dunia. Data riset yang dilansir dari CNN, memeriksa pasien terjangkit virus ini di China, tingkat kematian yang berusia 80 tahun ke atas meroket hingga 15 persen.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga mengimbau agar warganya mengurangi kontak langsung dengan orang tua dan lanjut usia. Dikutip dari TEMPO.CO, "Saya menghimbau setiap keluarga untuk mengurangi kontak langsung antara mereka yang muda dan orang tua. Lindungi orang tua kita dengan meniadakan kontak fisik karena orang tua menjadi pihak paling rentan jika tertular COVID-19," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin.

Komunitas Peduli Cikarang (KPC), yang mengadakan aksi sosial Peduli Lansia turut khawatir dengan wabah yang melanda saat ini. Banyak para lansia yang dititipkan ke panti jompo di mana panti tersebut juga memprihatinkan keadaannya. Dengan adanya langka-langkah pencegahan diharapkan dapat diterapkan pada semua warga yang sudah lanjut usia.
Seperti yang dilansir dari Antara News, berikut adalah langkah mencegah virus corona pada lansia: 

1.Tidak melakukan perjalanan.
2.Hindari pertemuan sosial.
3.Tidak menerima kunjungan cucu yang masih anak-anak.
4.Tunda pemeriksaan rutin.
5.Ajarkan tentang kebersihan pada pengasuh.
6.Melarang kunjungan ke rumah jompo.
7.Jangan berkompromi pada rutinitas harian.
8.Beralih ke pertemuan virtual.

Semoga dengan adanya tips pencegahan di atas, kita semua dapat waspada dalam menjaga kesehatan orang-orang di sekitar kita, terutama para lansia yang sangat rentan terkena penyakit. Sayangi orang-orang di sekitar kita dengan memberi edukasi dan informasi tentang pentingnya mencegah penularan virus Covid-19.

[Penulis: Tasya,Aliyah,Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 - President University | 6 April 2020]


0 comments:

Post a Comment