No one has ever become poor by giving, Please Donate

Monday 27 June 2016

Tagged under:

Komunitas Peduli Cikarang: Komunitas dari dan untuk Cikarang





Komunitas Peduli Cikarang (KPC) adalah komunitas sosial yang didirikan oleh pemuda pemudi Cikarang yang fokus terhadap anak-anak dan lingkungan. Terbentuk tanggal 1 Mei 2015, sejak diresmikannya akun facebook KPC oleh founder KPC bernama Dewi Puspita Sari (10/90), mahasiswi lulusan Fakultas Komunikasi President University angkatan XI. Saat ini anggota ada 50 orang lebih yang tidak hanya berasal dari Cikarang, dan berkumpulnya sering dilakukan di tempat makan bernama “Radio Cafe Cikarang” di Kota Jababeka, dengan target kegiatan KPC adalah di kota Cikarang. KPC didirikan atas dasar rasa kepedulian terhadap anak-anak yatim dan dhu’afa yang masih memerlukan bantuan baik secara moril maupun materi. Selain itu, adanya rasa kepedulian terhadap lingkungan kota Cikarang yang sudah banyak polusi akibat pesatnya perkembangan industri. Maka dari itu, anggota sepakat untuk konsisten terhadap visi misi KPC agar segala kegiatan dan aktivitas dapat berjalan dengan lancar. 

Menyelaraskan visi misi KPC, maka agenda-agenda pun mulai direncanakan dan direalisasikan. Awal kegiatan KPC mulai dari menghadiri undangan dari NC Radio yang ke 6 dan Radio Cafe Cikarang yang ke 2 pada tanggal 23 Mei 2015. Agenda kedua pada tanggal 4 Juni 2015 yaitu mengadakan buka bersama dengan anak-anak yatim dengan melibatkan 30 anak-anak yatim dari Yayasan Rumah Harapan Cikarang. Agenda ketiga pada tanggal 17 Agustus 2015 yaitu merayakan HUT RI yang ke 70 bersama warga Kp. Cibeber RT 001/006 Ds. Simpangan-Cikarang Utara. Selain festival merah putih, seperti biasa KPC memberikan santunan kepada 30 anak yatim di daerah tersebut. 

Agenda keempat pada tanggal 5 dan 13 September 2015 KPC mempelajari Bank Sampah yang ada di Bank Sampah Regastu, Perumahan Bekasi Regensi 1. Dari sini harapannya KPC dapat mendirikan Bank Sampah di Cikarang yang dapat bermanfaat untuk warga Cikarang. 

Agenda kelima pada tanggal 22 November 2015 membantu mahasiswa President University dalam program “Gerakan Cuci Tangan Sebelum dan Sesudah Makan Untuk Lawan Kuman” untuk 20 anak dari warga Kp. Cibeber RT 001/006 Ds. Simpangan-Cikarang Utara. Dan belumk lama ini KPC mengadakan agenda keenam yaitu pada tanggal 25 Juni 2016 untuk buka bersama dengan 30 anak yatim di Kp. Cibeber RT 001/006 Ds. Simpangan-Cikarang Utara. 

Untuk kedepan akan masih banyak lagi agenda-agenda yang sudah di depan mata yang ada hubungannya dengan anak-anak dan lingkungan. Semoga dengan adanya KPC, pemuda pemudi Cikarang jadi lebih aktif dan produktif, tentunya Kota Cikarang akan menjadi lebih nyaman untuk kita semua. 

Penulis: Dewi Puspita Sari.

Sumber asli: http://cikarangpos.com/index.php/2016/06/27/komunitas-peduli-cikarang-komunitas-dari-dan-untuk-cikarang/

0 comments:

Post a Comment