No one has ever become poor by giving, Please Donate

Tuesday 13 December 2016

Tagged under:

Rilis Pers - #KamiPeduliLansia, Sebuah Aksi Sosial dari Komunitas Peduli Cikarang


Komunitas Peduli Cikarang
Jalan Ki Hajar Dewantara, Jababeka
Cikarang, Kabupaten Bekasi – Indonesia


#KamiPeduliLansia, Sebuah Aksi Sosial dari Komunitas Peduli Cikarang


Gambar: Slogan kampanye peduli lansia
Sumber: Pheseline Felim (27 November 2016)


Cikarang, 13 Desember 2016 – Komunitas Peduli Cikarang (KPC) membuat sebuah kegiatan sosial baru bernama #KamiPeduliLansia. Seperti namanya yaitu KPC, kali ini aksi kepedulian yang akan dilaksanakan yaitu membantu para lanjut usia (lansia) terlantar agar kesejahteraan sosial mereka meningkat. Berbeda dengan kegiatan KPC sebelum-sebelumnya, KPC kali ini mengangkat lansia sebagai tema kegiatan sosial yang akan dikampanyekan dari bulan Desember 2016 – Mei 2017. Tepatnya nanti pada tanggal 29 Mei 2017, sekaligus memperingati Hari Lansia Nasional, KPC akan menyebar sumbangan dari para donatur kepada para lansia terlantar di beberapa daerah yang akan ditargetkan. Tentunya tidak hanya menargetkan lansia terlantar di daerah Cikarang, Kabupaten Bekasi, tetapi di seluruh Indonesia melalui hubungan kerjasama dengan komunitas-komunitas sosial serupa di Indonesia. Kegiatan ini akan dikampanyekan melalui sistem informasi Lini Atas (Above The Line) yaitu informasi yang disebar melalui media masa baik itu media elektronik, media cetak maupun media internet, menimbang efesiensi waktu karena target yang dijangkau sangat luas. Melalui kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap orang tua kita yang sudah lanjut usia sehingga tercipta suasana harmonis antar komunitas dan masyarakat.

“Awalnya beberapa anggota kami melihat beberapa lansia di Jababeka dan Deltamas yang masih bekerja. Ada yang berdagang makanan, menjadi pemulung, peniup seruling, dan penambal ban. Ada yang hidup sendiri, ada yang tinggal bersama anaknya yang kurang memperhatikan orang tuanya. Kami prihatin dan sedih melihat mereka yang setiap hari masih harus berkeliling mencari nafkah atau menunggu sedekah dari orang yang peduli kepada mereka,” kata Dewi Puspita Sari (15/11), Ketua KPC. Terinspirasi dari kondisi tersebut, KPC berusaha untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kesejahteraan sosial lansia terlantar. Dewi juga menjelaskan bahwa lansia-lansia terlantar tersebut belum mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat. Oleh sebab itu, KPC mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk sama-sama mengusahakan kesejahteraan sosial lansia terlantar.

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 1998 pasal 8, pemerintah, masyarakat, dan keluarga bertanggung jawab atas terwujudnya upaya peningkatan kesejahteraan sosial lansia. Dalam UU yang sama pada pasal 6 ayat 2, lansia mempunyai pengetahuan dan pengalaman hidup yang berharga sehingga potensinya perlu diamalkan kepada generasi penerus. Bagaimana para lansia tersebut dapat mengamalkan kemampuan dan pengetahuannya jika mereka masih harus bekerja sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?

KPC mengajak sahabat-sahabat di Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial #KamiPeduliLansia ini. Ada 3 cara mudah untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap lansia terlantar:

(1) Unggah foto diri dengan memegang tulisan #KamiPeduliLansia di akun Instagram atau Twitter kita, tulis deskripsi kreatif yang menunjukkan kepedulian kita terhadap lansia terlantar di Indonesia beserta hashtag #KamiPeduliLansia, dan mention atau tag foto tersebut ke akun Instagram @komunitas_peduli_cikarang atau Twitter @KPeduliCikarang. Dengan cara ini, kita telah membantu KPC untuk menyebarluaskan kegiatan sosial #KamiPeduliLansia

(2) Jika kita melihat lansia terlantar di sekitar kita, jangan sungkan untuk rekam video atau foto lansia tersebut. Unggah video atau foto tersebut ke akun Instagram atau Twitter kita dengan menuliskan deskripsi singkat tentang lansia terlantar tersebut dan lokasi pengambilan video atau foto. Jangan lupa juga sertakan hashtags #KamiPeduliLansia dan #KomunitasPeduliCikarang, serta mention atau tag ke akun Instagram atau Twitter. KPC akan segera bertindak untuk membantu lansia terlantar tersebut melalui koordinasi komunitas sosial di daerah tersebut.

(3) Kita juga dapat memberikan bantuan dana melalui https://kitabisa.com/kamipedulilansia atau langsung menghubungi anggota KPC melalui informasi kontak di bawah ini, Selanjutnya KPC akan menyumbangkan dana tersebut kepada lansia-lansia terlantar yang sudah ditargetkan.

KPC ingin menjadi pelopor aksi nyata kepedulian terhadap lansia terlantar di Indonesia dan tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak. “Kami sangat menghargai setiap bentuk kepedulian sahabat-sahabat terhadap lansia terlantar. InshaAllah kami akan memberikan bantuan dana kepada beberapa lansia terlantar di daerah Cikarang, Kabupaten Bekasi mulai tanggal 10 Desember 2016” tambah Dewi.

Komunitas Peduli Cikarang (KPC) adalah sebuah komunitas sosial yang dirikan pada tanggal 1 Mei 2015 dengan jumlah anggota aktif sebanyak 30 anggota aktif. Kegiatan-kegiatan KPC berkonsentrasi pada pendidikan anak-anak, lansia terlantar, dan lingkungan, khususnya di Cikarang, Kabupaten Bekasi. "Kami melihat, mendengar, peduli, bergerak dan berbagi".

###



Informasi kontak:
Dewi Puspita Sari
Ketua Komunitas Peduli Cikarang
No. Telp : +62 821-2233-0011
Email : komunitaspedulicikarang@gmail.com
Facebook : Komunitas Peduli Cikarang
Twitter : @KPeduliCikarang
Instagram : @komunitas_peduli_cikarang
YouTube : Komunitas Peduli Cikarang
Blog : https://komunitaspedulicikarang.blogspot.co.id/

0 comments:

Post a Comment