No one has ever become poor by giving, Please Donate

Thursday 9 April 2020

Tagged under: ,

Bangkitkan Semangat Nasionalisme Saat #dirumahaja dengan Menyambut Hari Kartini



Indonesia adalah negara dengan kekayaan yang sangat banyak. Mulai dari kepulauannya yang banyak hingga suku, budaya, dan bahasa yang beragam. Kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia telah menyebabkan penjajahan oleh beberapa negara dizaman dahulu.

Pada masa itu, tentunya banyak pahlawan kita yang gugur dalam niat baiknya untuk mempertahankan Indonesia. Banyak nama pahlawan dijadikan nama jalan, nama bandara, hari besar dan lainnya untuk menghormati dan mengenang jasa mereka.

Pada setiap tanggal 21 April misalnya, kita selalu memperingati Hari Kartini. Banyak acara dan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada tanggal ini, para pelajar misalnya. Pelajar dari tingkat TK hingga SMA turut merayakan, mulai dari berpakaian adat daerah dan mengadakan lomba fashion show hingga kegiatan lomba menarik lainnya.

Salah satunya adalah acara hari kartini yang diadakan oleh SMK Binamitra Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, pada tanggal 27 April 2019, dengan mengadakan acara inti berupa seminar dengan narasumber Komunitas Peduli Cikarang (KPC). Dengan tema acara "Jayalah Bangsaku dengan Wanita Hebatmu" dan tema seminar "Stop bullying terhadap perempuan", meskipun acara ini sudah setahun lalu, namun momen tersebut masih lekat dalam ingatan bahkan rindu ingin mengulang kembali di tahun ini dengan berbagi ilmu ke sekolah-sekolah.

Rangkaian acara yang sudah disusun oleh pihak panitia penyelenggara sudah sangat bagus. Dari mulai acara yang sifatnya menghibur hingga bersifat edukatif. Terlihat juga penampilan fashion show ala kartini dan kartono dengan berbagai ragam busana daerah. Dari situ nampak para generasi yang masih menjunjung tinggi perjuangan para pahlawannya, bahkan para siswi disana menyampaikan harapan dan cita-cita mereka untuk Indonesia.

KPC memberikan pesan kepada para siswa-siswi untuk tidak melakukan bullying dan memberikan motivasi serta semangat untuk mengejar prestasi. Dengan diadakannya seminar ini KPC juga berharap agar pelajar di Cikarang dan sekitarnya tetap ingat akan jasa para pahlawan dan turut serta mengenangnya sebagai tanda penghormatan kepada pahlawan.

Situasi Indonesia saat ini sangat tidak memungkinkan untuk mengadakan berbagai acara maupun kegiatan. Wabah Virus Corona yang melanda Indonesia membuat banyak kegiatan ditunda dan ditiadakan. Pemerintah pun mengambil langkah physical distancing dan mengimbau masyarakat agar terus berada di rumah. KPC berharap agar wabah ini segera berakhir. Sehingga masyarakat di Indonesia bisa beraktivitas normal kembali.

Semoga pada tanggal 21 April tahun ini, semangat para kartini zaman now tetap bermunculan, selalu bersinar indah menerangi nama bangsa. Indonesia masih butuh para generasi hebat, generasi bangsa yang bisa menginspirasi seperti nama Kartini yang selalu muncul sebagai pahlawan wanita yang menjunjung tinggi pendidikan, khususnya dalam membela hak wanita juga yang layak untuk sukses. Wabah saat ini bukanlah penghalang bagi siapapun yang ingin terus meraih mimpi dan cita-citanya. Ayo para generasi wanita hebat, tunjukan bahwa Indonesia lebih maju ada di tangan kalian!

[Penulis: Tasya,Aliyah,Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 - President University | 9 April 2020]

0 comments:

Post a Comment