No one has ever become poor by giving, Please Donate

Sunday 12 April 2020

Tagged under: ,

Persiapan Menyambut Ramadhan di Tengah Wabah Corona



Bulan Suci Ramadhan hampir tiba, semua umat Islam di berbagai belahan dunia tak terkecuali Indonesia menantikan momen di bulan istimewa yang hanya datang sekali dalam setahun ini. Namun, pada tahun ini, menyambut bulan puasa dengan sorak gembira sedikit mengalami kendala.

Agenda kegiatan yang sudah dipersiapkan sejak lama pun terpaksa harus ditunda. Banyak masyarakat juga menanyakan kejelasan dari agenda-agenda rutin pada bulan puasa. Apakah masyarakat dapat seperti biasa melakukan ibadah sholat tarawih di masjid, apakah dapat melakukan ngabuburit untuk menunggu buka puasa, dan apakah masyarakat bisa melakukan buka bersama dengan kawan-kawan dan keluarga seperti pada umumnya semua orang lakukan di bulan puasa?

Bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan bagi para masyarakat di Indonesia untuk mudik dan menikmati lebaran di kampung halaman. Tapi semuanya harus ditunda, dikarenakan adanya imbauan dan aturan dari pemerintah untuk seluruh masyarakat supaya menunda mudik. Hal tersebut disampaikan lantaran physical distancing atau pembatasan diri untuk menekan angka terinfeksi agar terus menurun.

Banyak hal dan persiapan yang harus dilakukan untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan. Berikut adalah hal yang dapat dilakukan di rumah:

1.Memperbanyak ibadah, dengan mendekatkan diri ke Tuhan YME dilakukan dengan ibadah sholat lima waktu, memperbanyak melakukan sunnah serta membaca Al-Quran.
2.Membantu orang lain, dengan bersedekah atau zakat, menyalurkan bantuan pada yayasan maupun bantuan ke masjid terdekat.
3.Persiapkan kebutuhan pokok, pada bulan puasa tentunya kita harus berbelanja untuk berbuka puasa. Namun dengan teknologi saat ini kita dapat berbelanja menggunakan internet, sehingga dapat dilakukan meski di dalam rumah.
4.Membersihkan rumah dan lingkungan sekitar, melakukan pembersihan rumah sudah termasuk olahraga ringan, membersihkan perkebunan di sekitar rumah pun dapat dilakukan.
5.Bersilaturahmi, dengan kondisi saat ini kita dapat bersilaturahmi dengan hanya menggunakan teknologi seperti video call, chat, dan lainnya untuk tetap berkirim kabar dan mengetahui keadaan sanak keluarga.

KPC berharap dengan mendukungnya langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran Virus Corona, Indonesia bisa dengan cepat terbebas dari virus ini. KPC turut berharap agar masyarakat di Cikarang dan sekitarnya menuruti kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasa. Tetap semangat, optimis, dan selalu berdoa.

[Penulis: Tasya,Aliyah,Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 - President University | 12 April 2020]

0 comments:

Post a Comment