No one has ever become poor by giving, Please Donate

Friday 20 March 2020

Tagged under:

Ada secercah harapan dibalik Bank Sampah PCI



Semenjak didirikannya Bank Sampah Nirmala Subanusa yang berada di Perumahan Puri Cikarang Indah (PCI), Ds. Sukamanah, Kec. Sukatani, Kab. Bekasi. Sejak tahun 2019, Komunitas Peduli Cikarang (KPC) bersama PCI sepakat untuk bekerjasama dan menyukseskan Bank Sampah ini untuk kebaikan warga. Memang kendala yang sampai saat ini dialami adalah pamahaman warga akan pentingnya menjaga lingkungan yang dimulai dari diri sendiri. Banyak yang masih enggan untuk mendatangi bank sampah dan nenyetor hasil kumpulannya (sampah limbah).

Sampah yang terkumpul dari rumah warga, disortir di posko dan dirapihkan untuk persiapan dijual nantinya. Hasil penjualan pun dibagi persentasenya, antara untuk nasabah, pengurus, kas dan infaq, hal ini pun sudah disepakati oleh warga. Saat ini bank sampah sudah berjalan 6 bulan dan sudah dilakukan 2 kali penjualan. Uang kas dan infaq yang terkumpul nantinya akan dihitung per tahun,dan dibagikan ke warga sekitar.

Ini menjadi motivasi, para pengurus untuk bertahan, mereka yakin jika niat baik akan selalu ada jalan dan ada keberkahan dalam hidup. Kedepannya juga pengurus, ketua RT dan KPC sepakat akan membuat taman mini PCI, yang isinya terdapat taman bermain anak, taman vertikal yang ditumbuhi sayuran, dan barang-barang bekas yang menghiasi taman.

"Harapan kedepannya, semoga langkah ini bisa terus berjalan dengan lancar, perkembangannya maju pesat, hingga bisa bekerjasama dengan Forum Bank Sampah Kabupaten Bekasi dan semangat ini bisa menyebar sampai ke beberapa RT di PCI", ujar Dewi Puspita Sari selaku founder KPC. Semoga dengan adanya taman mini ini, bisa lebih bermanfaat untuk warga dan lingkungan, serta bisa membanggakan para pengurus PCI.

[Penulis: Tasya,Aliyah,Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 - President University | 20 Maret 2020]

0 comments:

Post a Comment