No one has ever become poor by giving, Please Donate

Wednesday 26 February 2020

Tagged under:

Jabodetabek banjir lagi? Coba lakukan beberapa tips di bawah ini yuk!


Banjir kembali melanda Jakarta dan Bekasi. Intensitas curah hujan yang semakin tinggi setiap harinya, tidak memungkiri air di sungai terus meluap. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Adeng Hudaya mengatakan ada 21 desa/kelurahan yang berada di 13 kecamatan mengalami banjir. "Banjir yang menerjang 21 desa/kelurahan itu mulai dari yang sedang hingga yang parah." (sumber:sindonews.com)

Bencana banjir ini tidak hanya disebabkan oleh intensitas hujan yang tinggi saja, tetapi banyak faktor lain sebagai pemicunya, mulai dari kebiasaan manusia yang sering membuang sampah sembarangan, penebangan pohon secara ilegal, pembangunan yang tidak menerapkan AMDAL, hingga kurangnya pengendalian air di hulu sungai.

Terjadinya banjir tentunya akan sangat berbahaya untuk kita serta masyarakat sekitar. Salah satu dampak banjir yaitu adanya aliran listrik yang aktif akan sangat mudah terhantar oleh air dan menyebabkan terjadinya konsleting serta rawan bagi kita terkena sengatan listrik. Dampak lain yaitu rusaknya perabotan rumah tangga serta dokumen dokumen penting, dan barang berharga lainnya.

Karena sadar akan bahaya dan dampak banjir, Komunitas Peduli Cikarang (KPC) memberi beberapa tips aman ketika banjir melanda. Berikut cara yang harus kita dilakukan:

1. Jangan panik dan tetap perhatikan anggota keluarga Anda.
2. Matikan arus listrik dan gas.
3. Selamatkan barang-barang dan dokumen penting ke tempat yang lebih tinggi atau aman.
4. Segera pindah ke tempat yang lebih tinggi atau aman atau ke tempat pengungsian.
5. Hubungi call center atau nomor panggilan darurat: 112 (layanan bebas pulsa 24 jam) dan kerabat terdekat.

Itulah beberapa tips yang dapat KPC berikan saat terjadi banjir. Semoga bermanfaat dan tetap berhati-hati.


[Penulis: Tasya,Aliyah,Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018 - President University | 26 Februari 2020]
 


0 comments:

Post a Comment